You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan GIRIPURWO

Kapanewon GIRIMULYO, Kabupaten KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta
Info

SITUS WATU WAYANG YANG PENUH MISTERI


SITUS WATU WAYANG YANG PENUH MISTERI

Sabtu, 1 Mei 2021, kali ini penulis mencoba mengangkat tentang sebuah situs batu tersembunyi, di Padukuhan Kebonromo, Kalurahan Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. Situs batu, yang masih alami dan tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Situs Watu Wayang namanya, sebuah batu besar dengan rekahan alami menyerupai tokoh dalam cerita pewayangan. Banyak cerita mitos mengenai asal usul adanya batu ini. Konon katanya, dahulu kala ada seorang Dalang yang akan tanggapan ke suatu tempat melewati tempat ini. Hanya saja sebelum sampai ke tempat yang dituju, justru si Dalang meninggal di tempat ini dan terkubur bersama Wayang-wayangnya di bawah batu ini. Sehingga, ceritanya lagi, jika batu ini dibongkar akan ditemukan Wayang disitu.

Selain mitos tersebut, masyarakat sekitar juga percaya bahwa di batu ini ada penunggu ghaibnya. Sehingga masyarakat sampai sekarang tetap menganggap tempat ini keramat dan tidak berani melakukan hal-hal yang sekiranya dapat mengganggu penunggu ghaib di tempat ini. Masyarakat sekitar juga menggunakan tempat lapang di samping batu ini sebagai tempat upacara adat “Gumbregan” yang biasanya dilakukan menjelang musim panen. Harapannya dengan diadakannya upacara adat gumbregan ini adalah agar hewan ternak peliharaan tetap sehat dan hasil pertanian mendapatkan hasil yang lebih baik kedepannya.( berdasarkan cerita- cerita yang penulis dengar dan berkembang di masyarakat, mohon maaf jika ada kesalahan dan ada yang kurang berkenan ) (tri@l.ayyubi)

Bagikan artikel ini: