You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan GIRIPURWO
Kalurahan GIRIPURWO

Kap. GIRIMULYO, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten ing Website Kalurahan Giripurwo, Sugeng Amriksani, Mugi-mugi Tansah Manpangat Dhumateng Kita Sedaya. Bayarlah Pajak PBB Tepat Waktu, Orang Bijak Taat Pajak

Seni Jathilan “Tri Budaya”, Padukuhan Bulu

Administrator 22 Mei 2023 Dibaca 1.072 Kali
Seni Jathilan “Tri Budaya”, Padukuhan Bulu

Di Padukuhan Bulu, berkembang kesenian Jathilan dengan nama “Tri Budaya”. Kesenian jathilan yang menampilkan babak Jathilan Klasik, kreasi baru, dan kuda lumping. Di dirikan sekitar tahun 1975. Sampai dengan saat ini, merupakan generasi ke-3 dengan ketua Bapak Sukimin. Generasi 1 disepuhi oleh Bapak Partorejo, kemudian dilanjutkan Bapak Sastro prayitno di generasi ke-2.Rutinitas tahunan setiap bulan Sapar (Bulan Jawa) dilaksanakan tradisi "Ngguyang Jaran" kemudian dilanjutkan pentas. Jathilan Tri Budaya sudah sering tampil baik di dalam wilayah kalurahan Giripurwo, maupun di luar wilayah Kalurahan. Anggota paguyuban kurang lebih 50 orang, dengan alamat sekretariat di Rumah Bapak Sukimin, Bulu RT/RW : 098/038.

CP : 0857-2920-1976

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image