You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan GIRIPURWO
Kalurahan GIRIPURWO

Kap. GIRIMULYO, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten ing Website Kalurahan Giripurwo, Sugeng Amriksani, Mugi-mugi Tansah Manpangat Dhumateng Kita Sedaya. Bayarlah Pajak PBB Tepat Waktu, Orang Bijak Taat Pajak

Si Raja Buah Durian Potensi Komoditas Unggulan dari Giripurwo

Administrator 07 Juli 2022 Dibaca 718 Kali
          Si Raja Buah Durian Potensi Komoditas Unggulan dari Giripurwo

 

Giripurwo sebuah desa yang terletak di kaki Perbukitan Menoreh Kulonprogo ini menyimpan segudang potensi. Salah satu potensi tersebut yakni Buah Durian yang telah lama dikembangkan oleh sebagian masyarakat  di Giripurwo. Durian telah menjadi komoditas unggulan yang cukup menjanjikan dan potensi yang besar di Giripurwo. Sebelumnya mari kita tengok kebun durian yang berada di Dusun Ngesong. Di tempat ini telah dibudidayakan komoditas durian unggulan varietas montong dan menoreh kuning serta sejumlah varietas lainya. Setidaknya, terdapat sekitar 2000 batang pohon durian dan 700 batang buah kelengkeng yang ditanam diatas lahan  seluas 13 Hektar semenjak tahun 2015 lalu.  Pada saat ini kebun yang tepat berada di Komplek Embung Kleco ini telah dikelola oleh 3 kelompok tani seperti Kelompok Tani Marsudi, Mardi Lestari dan Banjarmulya.

Potensi Durian unggulan tersebut cukup mampu dalam mendongkrak perekonomian warga terkhusus para petani di sekitar. misalnya saja dalam sekali panen sudah bisa memanen setidaknya 250 buah durian dengan rata-rata tiap satu pohon menghasilkan 20 buah durian yang siap untuk dipetik dengan dibanderol harga Rp. 60.000 per kilogramnya. Seperti pada acara panen durian  yang dilaksanakan tiap tahunya tepatnya pada tahun 2021 kemarin di Sentra Pemberdayaan Tani (SPT) Embung Kleco, telah mengangkat dan menunjukan begitu besarnya potensi dari Buah Durian ini. Dari segi pemasaran seperti yang diungkapkan oleh Sukardi yang merupakan Ketua Kelompok Tani Mardi Lestari, menurutnya Pemasaran dari Buah Durian selama ini tidak mengalami kendala yang cukup berarti. Mereka para kelompok tani tidak perlu menjual langsung hasil panen durian  ke pasar namun, dari luar daerah baik itu secara kelompok maupun perorangan sudah banyak yang mendatangi lokasi di SPT Embung Kleco untuk membelinya secara langsung.

Pengembangan komoditas durian di Giripurwo ini selaras dari program yang dilakukan oleh Pemerintah  Kabupaten Kulon Progo yang berusaha mengembangkan varietas durian lokal. Seperti yang kini diusahakan dalam mengembangkan varietas durian Menoreh Kuning untuk dilepas  menjadi varietas unggul nasional. Dengan demikian kesempatan yang didapatkan oleh para petani durian akan semakin besar dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian mereka para petani durian. Selain itu kebun durian yang tepat berada dalam kompleks Embung Kleco ini turut pula dikembangkaan menjadi kawasan Agro Edowisata yang kini juga di kembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo di sejumlah tempat lainya dengan harapan selain sebagai suatu potensi ekonomi yang menjanjikan namun di sisi lain dapat pula menjadi tempat sarana belajar dan tujuan wisata.

 

(Adhan KKN UGM 2022)







 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image