You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan GIRIPURWO
Kalurahan GIRIPURWO

Kap. GIRIMULYO, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten ing Website Kalurahan Giripurwo, Sugeng Amriksani, Mugi-mugi Tansah Manpangat Dhumateng Kita Sedaya. Bayarlah Pajak PBB Tepat Waktu, Orang Bijak Taat Pajak

KKN 78 UPN YK DUSUN NGESONG

Non Admin 24 November 2022 Dibaca 953 Kali
KKN 78 UPN YK DUSUN NGESONG

Minggu, 23 Oktober 2022, Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Ngesong, KKN sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa sehingga mahasiswa mampu menganalisis permasalahan dan potensi dalam masyarakat, mempunyai empati dan kepedulian terhadap segala bentuk permasalahan dalam masyarakat.

            KKN UPN “Veteran” Yogyakarta Angkatan 78 dilaksanakan selama 1 bulan mulai tanggal 23 Oktober – 24 November 2022 dengan beranggotakan 10 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Teknik Industri. Adapun Program yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN 78 UPN “Veteran” Yogyakarta di Dusun Ngesong berjumlah 5 program kerja utama, 10 program kerja pendukung, dan 1 program kerja tambahan. Berikut kami sampaikan program kerja yang dilaksanakan:

Program Kerja Utama

  • Program kerja pembuatan profil dusun, program ini dibuat sebagai sarana pengenalan kepada masyarakat umum mengenai informasi administratif, kependudukan, dan budaya yang dimiliki oleh Dusun Ngesong melalui video yang diunggah di Youtube. Adapun realisasi dari program kerja ini adalah video profil dengan durasi 8 menit yang telah diunggah di kanal Youtube KKN 78 Ngesong UPNVYK, berikut link untuk mengakses video tersebut https://www.youtube.com/@kkn78ngesongupnvyk.
  • Pendataan warga, program kerja ini dilaksanakan dalam rangka memperbarui data kependudukan di Padukuhan Ngesong sebagai kepentingan arsip data administrasi. Adapun dalam pelaksanaannya, Mahasiswa KKN mengunjungi setiap rumah Ketua Rukun Tetangga (RT) di Padukuhan Ngesong untuk berkoordinasi terkait data kependudukan terbaru melalui fotokopi Kartu Keluarga. Koordinasi dilakukan secara menyeluruh dengan jumlah total 11 RT.
  • Penanaman Tanaman Obat Keluarga, program kerja ini dilakukan sebagai upaya dalam penyediaan obat alami atau tanaman herbal dalam lingkungan Padukuhan Ngesong, hal tersebut dikarenakan Padukuhan Ngesong jauh dari jangkauan medis berupa Puskesmas dan Rumah Sakit. Penanaman tanaman obat keluarga diharapkan dapat membantu warga Padukuhan Ngesong dalam memanfaatkan dan menggunakan tanaman sebagai alternatif dalam menghadapi masalah kesehatan yang dihadapi. Tanaman obat yang diberikan sejumlah 6 tanaman yang terdiri dari tanaman binahong, bidara arab, gempur batu, daun salam, daun ungu, dan rosella.

Penanaman Obat Keluarga

  • Pekan Kreativitas dan Kebangsaan Dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan, program ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan untuk membantu mengasah kreativitas dan keterampilan serta memperdalam wawasan masyarakat Dukuh Ngesong tentang nasionalisme dan kebangsaan serta turut menjaga adat kebudayaan leluhur.

Pekan Kreativitas dan Kebangsaan

  • Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing, Program kerja pengembangan UMKM melalui digital marketing ini dilakukan dalam rangka memberikan kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya digital marketing untuk pelaku UMKM di Padukuhan Ngesong. Adapun dalam pelaksanaan proker ini, Mahasiswa KKN mengundang dosen dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta yaitu Rolan Mart Sasongko S.E., M.M. sebagai narasumber dalam program kerja ini.

Sosialisasi UMKM Digital Marketing

Program Kerja Pendukung

  • Pojok Baca, program pembuatan pojok baca dilakukan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan budaya literasi, menciptakan gemar membaca dan rutinitas membaca bagi anak-anak. Untuk lokasi pojok baca ini dibuat di SD Negeri Ngesong yang terletak di Padukuhan Ngesong karena sasaran dari program ini sendiri adalah anak-anak Dukuh Ngesong.
  • Pendampingan Posyandu Balita, Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita. Program kerja ini dilaksanakan dengan tujuan menambah wawasan dan kesadaran ibu-ibu yang memiliki balita di Padukuhan Ngesong mengenai kesehatan dan tumbuh kembang balita.
  • Pendampingan Posyandu Lansia, Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. Melalui Posbindu PTM, dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan. Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas. Mahasiswa KKN juga membagikan leaflet guna mengedukasi mengenai Diabetes Melitus, penyuluhan ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang DM dan faktor risiko timbulnya antara lain faktor Body Mass Index (BMI), tekanan darah, kebiasaan aktivitas fisik, frekuensi konsumsi buah dan sayur, riwayat DM keluarga, waist circumference (central obesity) pada remaja.
  • Pembuatan Pupuk Organik Padat, program kerja Pembuatan Pupuk Organik Padat dirancang berdasarkan masukan dari para warga serta observasi bahwa terdapat banyaknya warga yang berprofesi sebagai petani dan juga sebagai peternak sehingga muncul usulan dari warga untuk mengadakan proker penbuatan Pupuk Organik Padat. Program ini telah dilaksanakan pada tanggal 13 November 2022 yang bertempat di sekitar rumah bapak dukuh Ngesong yaitu bapak Randi.

Pembuatan Pupuk Organik

  • Pembuatan Plang Petunjuk Arah Rumah RT dan Embung Kleco, program dilakukan dengan memasangan 11 plang ketua RT dan 4 plang petunjuk arah Embung Kleco yang dipasang dari jalan utama hingga menuju Embung Kleco, serta 1 plang petunjuk arah Pengasih. Kegiatan pemberian petunjuk arah memiliki tujuan agar warga atau masyarakat luar mudah dalam mencari arah menuju rumah ketua RT, Embung Kleco, dan Pengasih.

Pemasangan Plang Petunjuk Arah

  • Pembuatan Tempat Sampah, program ini didasari minimnya tempat sampah yang terpilah di dusun Ngesong. Tempat sampah dibagikan ke tiap masjid yang terdapat di masing-masing Rukun Warga (RW) dengan arahan Bapak Dukuh Ngesong. Adanya pemilahan ditempat sampah yang kami buat memiliki manfaat yaitu mengurangi polusi udara dari pembakaran sampah. Kegiatan ini mendapat respon baik karena dapat mengajarkan anak-anak TPA agar dapat membuang sampah sesuai pemilahannya.
  • Pendampingan TPA, program dilaksanakan sebagai bentuk edukasi pendidikan dasar agama Islam kepada anak-anak TPA Masjid Nurul Kharim dan Masjid Al Huda yang berlokasi di Padukuhan Ngesong. Dalam pelaksanaan program kerja, Mahasiswa KKN membantu mendampingi ustadzah dalam menyampaikan materi seperti membaca Iqra’ dan Al-Qur’an, hafalan surat-surat pendek, dan doa sehari-hari. Selain itu, Mahasiswa juga memberikan beberapa tambahan kegiatan seperti games, dan mewarnai dengan tema Anak Sholeh. Program pendampingan TPA dilaksanakan dengan sistem pendekatan belajar sambil bermain agar anak-anak lebih bersemangat dalam belajar membaca Iqra’ dan Al-Qur’an, serta tidak cepat merasa jenuh.
  • Pendampingan Bimbingan Belajar, Program Kerja Bimbingan Belajar dilakukan dengan tujuan memberikan pengarahan dan pendampingan pendidikan kepada anak-anak sekolah dasar yang berada di dua tempat yaitu posko KKN dan SD Negeri Ngesong. Pendampingan bimbingan belajar yang dilakukan di posko dilakukan setiap hari pada waktu sore dengan menyesuaikan adanya anak yang datang ke lokasi. Pendampingan bimbingan belajar yang dilaksanakan di SD Negeri Ngesong dilakukan sebanyak tiga kali. Program bimbingan belajar dilakukan dengan sistem pendekatan secara bermain dan kuis agar para anak-anak lebih paham dalam menerima ilmu dan tidak merasa jenuh dalam belajar.
  • Pembuatan Peta Daerah Rawan Bencana Longsor, program ini didasari oleh keadaan yang terdapat di dusun Ngesong, di mana memiliki kelerengan yang relatif curam dan adanya kejadian/peristiwa bencana tanah longsor yang kerap terjadi di Kelurahan Giripurwo khususnya di Dusun Ngesong itu sendiri. Bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Ngesong dipengaruhi oleh intensitas hujan yang tinggi, didominasi batuan breksi (vulkanik), banyaknya vegetasi yang berkembang, dan morfologi lereng yang curam. Melihat keadaan tersebut mahasiswa KKN membuat peta rawan bencana longsor sebagai salah satu pemberitahuan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mengantisipasi jika terjadi bencana tanah longsor.

Program Kerja Tambahan

Pembuatan Peta Blok, Program pembuatan Peta Blok bertujuan untuk meng-update data luas wilayah, kepemilikan tanah, serta nilai tanah di Padukuhan Ngesong. Pembuatan peta ini dibuat berdasarkan atas permintaan dari Kepala Dukuh sebagai pembaruan data administrasi. 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image