You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan GIRIPURWO
Kalurahan GIRIPURWO

Kap. GIRIMULYO, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten ing Website Kalurahan Giripurwo, Sugeng Amriksani, Mugi-mugi Tansah Manpangat Dhumateng Kita Sedaya. Bayarlah Pajak PBB Tepat Waktu, Orang Bijak Taat Pajak

KKN PPM UGM Dukung Upaya Revitalisasi Embung Kleco

Administrator 07 Juli 2022 Dibaca 550 Kali
KKN PPM UGM Dukung Upaya Revitalisasi Embung Kleco

Embung Kleco sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Desa Giripurwo kini terus berusaha bersolek dan berbenah diri. Setelah sekian lama embung ini bertahan seperti yang diibaratkan dengan istilah Hidup pun tak hidup Mati pun tak mati. namun, kini dengan perlahan mulai mendapat perhatian untuk menjadikanya sebagai tujuan wisata utama di Desa Giripurwo. Salah satu bentuk perhatian dan dukungan tersebut yaitu berasal dari TIM KKN PPM UGM YO075 yang melirik Embung Kleco dan menjadikanya sebagai program kerja utama dari TIM KKN YO075 Girimulya terutama pada Sub unit Giripurwo. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung oleh Tim KKN ini yaitu Pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan potensi desa dalam sektor wisata di Kelurahan Giripurwo dan Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, DIY”.

Berangkat dari tema yang diusung, dan melihat salah satu potensi wisata yang ada yaitu Embung Kleco timbul ketertarikan untuk merevitalisasinya, karena melihat kondisi yang cukup memprihatinkan serta saran dari pihak desa menjadi alasan khusus mengapa Embung Kleco menjadi target pengembangan pariwisata. Sebelumnya jika melihat beberapa waktu silam, akibat kondisi Pandemi Covid 19 yang merebak menjadi salah satu faktor mengapa Embung Kleco ini menjadi seperti terbengkalai. Akan tetapi di lain hal permasalahan administrasi seperti belum adanya peraturan desa serta peran dari POKDARWIS atau kelompok Sadar Wisata yang belum maksimal turut menjadi faktor terpenting mengapa pengelolaan Embung Kleco ini kurang maksimal dan terbengkalai seperti yang terlihat selama ini.

Upaya revitalisasi Embung Kleco oleh TIM KKN dimulai dengan survey lokasi guna mengetahui kondisi permasalah yang ada di lapangan. Tidak berhenti disitu saja, selanjutnya Tim KKN bertemu dengan pihak desa untuk mencari informasi dan mendengarkan pendapat terkait bagaimana pengembangan  Embung Kleco ini kedepannya serta bertemu dengan berbagai pihak yang mendukung pengembangan dari Embung Kleco ini. Memang tidak mudah dalam menyelesaikan permasalahan di Embung ini. Namun, kini dengan perlahan dimulai dengan pembersihan sekeliling Embung dari sampah dan rumput liar menjadi langkah awal dalam mewujudkan Embung Kleco menjadi destinasi yang menarik sebagai tujuan wisata dan sebagai sarana belajar terlebih akan menjadi lokasi Agro Eduwisata yang direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

 

(Adhan KKN PPM UGM 2022)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image