You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan GIRIPURWO
Kalurahan GIRIPURWO

Kap. GIRIMULYO, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten ing Website Kalurahan Giripurwo, Sugeng Amriksani, Mugi-mugi Tansah Manpangat Dhumateng Kita Sedaya. Bayarlah Pajak PBB Tepat Waktu, Orang Bijak Taat Pajak

KLINIK KETAHANAN KELUARGA, LANGKAH AWAL PENCEGAHAN PERCERAIAN

Administrator 17 September 2019 Dibaca 826 Kali

Selasa, 17 September 2019, Desa Giripurwo di jadikan sampling desa dengan dibentuk Klinik Ketahanan Keluarga oleh Dinas PMD Dalduk & KB Kabupaten Kulon Progo. Kepengurusan Klinik Ketahanan Keluarga ini, terdiri dari berbagai unsur element masyarakat,seperti perangkat desa, tokoh agama,dll. Hal ini bermula dari tingginya angka perceraian di Desa ini. Tahun 2018 terhitung kasus perceraian sebanyak 12 kasus,sementara di Tahun 2019 ini, hingga bulan September 5 kasus perceraian sudah terjadi. Hal inilah yang mendorong perlu adanya langkah antisipasi yang harus dilaksanakan untuk meminimalisir jumlah angka tersebut. Hadir narasumber dalam acara ini Bapak Kustopo S.K.M. M.Kes & Ibu Suparjiyah, S.Ip dari Dinas PMD Dalduk & KB, Bapak H. Syaiful Hadi S.Ag M.Ag dari Kemenag, & Bapak Muhammad Jazari, S. Ag. dari KUA Girimulyo.

“Salah satu keluarga yang rentan terjadi perceraian adalah pernikahan dini” kata Ibu Suparjilah,S. Ip. Sehingga perlu adanya pembinaan dari tingkat paling bawah (lingkungan ) hingga pemerintahan. Beberapa tingkatan stadium keluarga rentan adalah :

  1. Stadium 1: terjalin komunikasi yang tidak sehat karena suatu masalah
  2. Stadium 2: Adanya campur tangan dari pihak ke 3
  3. Stadium 3: pasangan suami istri mulai tidak tinggal serumah
  4. Stadium 4: salah satu pihak mengajukan gugatan perceraian

Dengan melihat ciri-ciri tingkatan stadium tersebut diharapkan, peran serta dari pemerintah Desa untuk memberikan bimbingan & pengarahan sebelum kasus perceraian benar-benar terjadi. Dalam acara ini juga saling sharing dari para hadirin. Bapak Suparlan, Dukuh Banjaran menambahkan”sebenarnya hal semacam ini sudah dilaksanakan di wilayah pedukuhan Banjaran, dulu pernah ada warga kami yang akan bercerai, kemudian di berikan pengarahan, hingga akhirnya pasangan tersebut urung bercerai dan bisa Bersatu kembali”.(al@yyubi.red)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image