You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan GIRIPURWO
Kalurahan GIRIPURWO

Kap. GIRIMULYO, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten ing Website Kalurahan Giripurwo, Sugeng Amriksani, Mugi-mugi Tansah Manpangat Dhumateng Kita Sedaya. Bayarlah Pajak PBB Tepat Waktu, Orang Bijak Taat Pajak

Satlinmas Giripurwo Diharap Menjadi Motor Penggerak Terbentuknya Kelompok "Jaga Warga"

Administrator 17 November 2022 Dibaca 458 Kali
Satlinmas Giripurwo Diharap Menjadi Motor Penggerak Terbentuknya Kelompok

Rabu, 16 November 2022, anggota satlinmas Kalurahan Giripurwo kembali mendapat pembinaan. Dengan mengundang narasumber Bapak Sapto Iswandono, S.E., Kawat Keamanan Kapanewon Girimulyo, dan IPDA Zakariya, S.H. Kanit Bintibsos Polres Kulon Progo. Kegiatan dihadiri Lurah Giripurwo, Jagabaya Giripurwo, & Babinsa serta Bhabinkamtibmas Giripurwo, Bapak Serma Sunarto dan Briptu Kustapa, S.H. Dengan mengundang 56 anggota satlinmas di Giripurwo. Disampaikan oleh Jagabaya Giripurwo, bahwa proses Pemilu tahun 2024 sudah dimulai. Beberapa kegiatan yang sedang dilaksanakan oelh KPU adalah verifikasi Partai Politik peserta Pemilu dan pembentukan Badan ADHOC (penyelenggara pemilu).

Bapak Sapto Iswandono, S.E. menyampaikan sosialisi tentang pembentukan Jaga Warga di Giripurwo, yang merupakan implementasi dari Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 28 Tahun 2021 tentang Kelompok Jaga Warga. Diharapkan setiap Padukuhan untuk membetuk kelompok Jaga Warga tersebut, sebagai mitra Dukuh dalam mewujudkan partisipasi aktif masyarakat. Jaga Warga beranggotakan tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok pemuda, dan kelompok perempuan, bertugas menyelesaikan konflik social, memberikan saran pertimbangan kepada Dukuh, dan berkoordinasi dengan pranata social di masyarakat. Dan anggota Satlinmas diharapkan bisa menjadi motor penggerak terbentuknya Kelompok Jaga Warga tersebut, karena fungsinya hampir sama dengan apa yang telah dilakukan anggota satlinmas selama ini.

Kemudian materi kedua disampaikan Bapak IPDA Zakariya,S.H., merefresh kembali nasionalisme para anggota satlinmas, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pertahanan negara. Sehingga tugas tugas dari masing-masing warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Anggota satlinmas yang berasal dari warga negara, adalah warga pilihan dan harus bangga karena memiliki kemampuan yang lebih, dibekali dengan berbagai pembinaan dan keterampilan dari Pemerintah Kalurahan, Kabupaten, dan Provinsi. Disampaikan kendala kendala yang dialami satlinmas saat ini, antara lain, banyak anggota yng sudah lanjut usia, susah mencari pengganti/recruitmen satlinmas, dan kurangnya pembinaan. Hal tersebut perlu dilakukan Langkah tindak lanjut, yaitu mendidik para generasi muda tentang jiwa nasionalisme, agar bersedia ikut aktif dalam membela negara. Di kegiatan Pemilu yang akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang, tentunya perlu kesiapan dari anggota satlinmas, untuk mensukseskan acara pesta demokrasi tersebut. Seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana anggota satlinmas telah sukses menjaga keamanan selama jalannya pemilu. Kemudian dilanjutkan pesan-pesan kamtibmas dari polres Kulon Progo, mengenai keamanan dalam menjaga kendaraan bermotor, dan jangan mudah menyebarkan berita hoak/tidak benar. (al@yyubi.red)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image