You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan GIRIPURWO
Kalurahan GIRIPURWO

Kap. GIRIMULYO, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten ing Website Kalurahan Giripurwo, Sugeng Amriksani, Mugi-mugi Tansah Manpangat Dhumateng Kita Sedaya. Bayarlah Pajak PBB Tepat Waktu, Orang Bijak Taat Pajak

Semarak Hari Jadi Kalurahan Giripurwo Ke-77

Administrator 22 Januari 2024 Dibaca 99 Kali
Semarak Hari Jadi Kalurahan Giripurwo Ke-77

Senin, 22 Januari 2024, Kalurahan Giripurwo telah lancar dan sukses menggelar hari jadi Kalurahan Giripurwo ke-77. Rangkaian kegiatan yang dimulai pada hari Jum'at-Minggu, 19-21 Januari 2024, berjalan lancar. Hari Jum'at, 19 Januari dimulai dengan Ziarah Makam ke tokoh pendiri Kalurahan Giripurwo dan Mantan Pamong Giripurwo. Titik Ziarah difokuskan ke 4 titik makam, yaitu Makam Munggang-Nglengkong, Makam Cethok-Grigak, Makam Ngasem-Wadas, dan Makam Munggang Pule-Kepundung, diikuti pamong kalurahan, BPK, tokoh masyarakat, ahli waris almarhum/almarhumah, dan warga sekitar.

Kemudian di hari Sabtu, 20 Januari siang, dilaksanakan Kirab Gunungan ulu wetu kalurahan Giripurwo dari masing-masing bekas Kalurahan. Rute Kirab, Bekas Kalurahan Niten dari Joglo - Balai Kalurahan, sedangkan Bekas Kalurahan Wadas dan Kepundung dari Terminal - Balai Kalurahan. Sampai di Balai Kalurahan, perwakilan dari masing-masing bekas menyampaikan Gunungan ulu wetu dan Kendi berisi air kehidupan dari sumur2 yang ada di bekas kalurahan tersebut kepada Lurah Giripurwo, Bapak Mardi Santosa. Kemudian dilanjutkan umbul donga dan kembul bujana. Dan acara di akhiri dengan rayahan gunungan.Dan malam harinya, menggelar pengajian umum dengan penceramah, KH Saefudin Al Asep dari Wonosobo, Jawa Tengah.

Akhir kegiatan, Pada Minggu, 21 Januari dilaksanakan pasar tani dan UMKM kalurahan giripurwo. Produk asli kalurahan Giripurwo, dari 15 Padukuhan yang ada digelar. Kegiatan ini untuk menggali potensi yang ada di kalurahan Giripurwo. Dan siang harinya, di gelar pentas seni Jathilan "Tri Budaya", dari padukuhan Bulu Giripurwo. Meski ditemani rintik hujan yang datang dan pergi tanpa memberi kabar dan pamitan, atas berkah & rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa kegiatan dapat berjalan lancar. (al@yyubi.red)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image