You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan GIRIPURWO
Kalurahan GIRIPURWO

Kap. GIRIMULYO, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten ing Website Kalurahan Giripurwo, Sugeng Amriksani, Mugi-mugi Tansah Manpangat Dhumateng Kita Sedaya. Bayarlah Pajak PBB Tepat Waktu, Orang Bijak Taat Pajak

Kalurahan Giripurwo Siap Menuju Kalurahan Sadar Hukum Tahun 2023

Administrator 09 Mei 2023 Dibaca 528 Kali
Kalurahan Giripurwo Siap Menuju Kalurahan Sadar Hukum Tahun 2023

Senin, 08 Mei 2023, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan penyuluhan hukum kepada Pemerintah Kalurahan dan Perwakilan Unsur Masyarakat Kalurahan Giripurwo. Kalurahan Giripurwo, tahun ini menjadi salah satu dari 10 Kalurahan yang ada di Kulon Progo untuk mendapat pendampingan sebagai Kalurahan Sadar Hukum (Kadarkum). Langkah awalnya yaitu dengan diberikan sosialisasi/ penyuluhan hukum agar pemerintah kalurahan dan masyarakat memahami dalam penyusunan produk hukum, maupun implementasi hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia. Dan beberapa indikator, demi terwujudnya Kalurahan Sadar Hukum diantaranya, pembentukan Kelompok Keluarga Sadar Hukum, ketaatan membayar pajak PBB-P2, angka kriminalitas yang rendah, dan menyelesaikan persoalan melalui jalan mediasi di tingkat Kalurahan.

Dengan indikator yang disampaikan, bahwa Kalurahan Giripurwo yang pencapaian pajak PBB-P2 rata-rata di angka 96% setiap tahunnya, angka kriminalitas yang rendah, dan banyak persoalan warga yang diselesaikan melalui jalur mediasi, baik ditingkat RT, RW, Padukuhan, maupun Kalurahan, Giripurwo layak untuk mendapatkan predikat sebagai Kalurahan Sadar Hukum. Terlebih ditahun ini juga akan segera dibentuk Kelompok Jaga Warga di masing-masing padukuhan yang berfungsi dan bertugas menyelesaikan konflik masyarakat. Kedepan agar segera bisa dibentuk Kelompok Keluarga Sadar Hukum dan segera aktif untuk berkegiatan. (al@yyubi_red)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image