SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KALURAHAN GIRIPURWO KAPANEWON GIRIMULYO KABUPATEN KULON PROGO

SEMUA PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR KALURAHAN GIRIPURWO GRATIS TANPA DI PUNGUT BIAYA

KIRIMKAN BERITA MU VIA e-MAIL : opensid61ripurwo@gmail.com , KONTRIBUSI UNTUK MEMAJUKAN DESA MU DI MULAI DARI SINI

 

Tugu Jumenengan, Simbol Kebahagiaan Warga Giripurwo atas Penobatan Sri Sultan HB IX

Administrator 18 Maret 2020 01:00:00 Berita Desa

Rabu, 18 Maret 2020, penulis mencoba mengulit sejarah berdirinya Tugu Jumenengan yang terletak di Padukuhan Nglengkong, Giripurwo. Tepatnya di selatan Jalan utama, seberang jalan dengan SDN Niten, berada di perbatasan antara Padukuhan Nglengkong dengan Padukuhan Grigak,. Sebuah bangunan yang secara fisik kondisinya sudah menua seiring jaman. Warga sekitar menyebutnya Tugu Jumenengan,dan adapula yang menyebut Crone. Banyak simpang siur terkait asal usul dibangunnya Tugu ini, dan juga banyak yang tidak mengetahui secara pasti tentang fungsi Tugu ini dibangun. Bahkan ada yang mengatakan dahulu Sri Sultan pernah singgah di tempat ini,dan berdiri (jawa : jumeneng ) di sini, sehingga disebut Tugu Jumenengan.

Melihat lebih dekat dengan bangunan ini,Tertulis dalam Banguan tersebut 8 Sapar 1871 dal ( penanggalan kalender Jawa ) dan 18 Maart 1940. Pada tanggal tersebut adalah hari dinobatkannya Gusti Raden Mas Dorodjatun sebagai Sultan Yogyakarta dengan gelar "Ngarsa Dalem Sampéyan Dalem Ingkang Sinuwun Kangjeng Sultan Hamengkubuwana Sénapati ing Ngalaga Abdurrahman Sayidin Panatagama Kalifatullah ingkang Jumeneng Kaping Sanga ing Ngayogyakarta Hadiningrat".( Sri Sutan Hamengku Buwono IX ). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa, Tugu Ini adalah tugu peringatan atau simbol kebahagiaan warga Giripurwo atas penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono IX tersebut. Sri Sultan HB IX berkuasa selama 48 tahun ( 1940-1988). Tugu ini dibangun pada masa masih menjadi Kalurahan Niten, dimana Lurah pada masa itu dijabat oleh R. Hanggapangreksa. Tugu yang serupa, juga bisa ditemukan di beberapa titik di DIY, meski bentuknya berbeda-beda.

Namun kondisinya yang sekarang kurang terawat. Perlu dilakukan pemugaran kembali terhadap bangunan tersebut agar salah satu warisan cagar budaya ini bisa terjaga keberadaannya.. (al@yyubi.red)

Komentar atas Tugu Jumenengan, Simbol Kebahagiaan Warga Giripurwo atas Penobatan Sri Sultan HB IX

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Menerima Kiriman Berita

Kirimkan berita desa-mu untuk di posting di Website Desa Girpurwo - Tulisan berita dalam bentuk Ms. Wordl - Tidak mengandung unsur SARA - Tidak menjiplak karya orang lain - Disertai identitas penulis ( nama & alamat ) - Kirimkan via e-mail :opensid61ripurwo@gmail.com Kontribusi untuk memajukan Desa mu, dimulai dari sini

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Staff Desa Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lurah Carik Ulu-Ulu Kamituwa Pranata Laksana Sarta Pangripta Danarta Staff Desa Staff Desa Jogo Boyo

Sinergi Program

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung